Perkembangan Demokrasi Langsung Dalam Penentuan Jabatan Kepala Lingkungan Di Kota Mataram (Analisis Terhadap Peraturan Walikota Mataram Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Mekanisme Dan Tata Cara Pembentukan Lingkungan Dan Rukun Tetangga)

Main Article Content

Johan Rahmatullah
wahyuddin Wahyuddin
Abd. Hasan

Abstract

Pemilihan langsung jabatan Kepala Lingkungan Di Kota Mataram telah menunjukkan kemajuan dari sisi praktik demokrasi di tingkat lokal, sebab hampir semua lingkungan di Kota Mataram menggunakan metode pemilihan langsung. Pemilihan langsung diatur melalui Peraturan Walikota Mataram Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Mekanisme Dan Tata Cara Pembentukan Lingkungan Dan Rukun Tetangga. Ada beberapa persoalan dalam peraturan tersebut yang dalam hal ini belum mengikuti perkembangan praktik pemilihan langsung jabatan kepala lingkungan di tengah masyarakat. Pertama, tidak adanya pedoman yang jelas terkait dengan berlangsungnya pemilihan langsung yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan. Kedua, tidak diaturnya mekanisme penyelesaian permasalahan selama berlangsungnya pemilihan langsung tersebut. Ketiga, sumber anggara pelaksanaan pemilihan langsung. Oleh karena demikian, ke depan perlu dilakukannya perubahan terhadap Peraturan Walikota Mataram Nomor 1 Tahun 2013 tersebut agar sesuai dengan kehendak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pelaksanaan pemilihan langsung jabatan Kepala Lingkungan dan sebagai rekomendasi kepada pemerintah Kota Mataram untuk melakukan perubahan terhadap peraturan Walikota tersebut. penelitian ini menggunakan dua metode pendekatan yakni pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual.

Article Details

How to Cite
Rahmatullah, J. ., Wahyuddin, wahyuddin, & Hasan, A. (2021). Perkembangan Demokrasi Langsung Dalam Penentuan Jabatan Kepala Lingkungan Di Kota Mataram : (Analisis Terhadap Peraturan Walikota Mataram Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Mekanisme Dan Tata Cara Pembentukan Lingkungan Dan Rukun Tetangga) . Jurnal Kompilasi Hukum, 6(2). https://doi.org/10.29303/jkh.v6i2.83
Section
Articles

References

Buku

Achmad Ali, (2013). Menguak Teori Hukum dan Teori Peradilan, Cet-5, Kencana, Jakarta

Hufron dan Sopyan Hady, (2016). Ilmu Negara Kontemporer, Laksbang Grafika, Yogyakarta.

Frans Magnis Suseno, (2015). Kebangsaan, Demokrasi, Pluralisme (Etika Rampai Etika Politik Aktual), Jakarta: Kompas.

Suparman Marzuki, (2014). Politik Hukum Hak Asasi Manusia, Jakarta: Erlangga.

Titik Triwulan Tutik, (2008). Pokok-Pokok Hukum Tata Negara Indonesia Pascaamandemen UUD 1945, Jakarta: Cerdas Pustaka.

Jurnal/makalah

Fahmi, K., Amsari, F., Azheri, B., & Kabullah, M. I. (2020). Sistem keadilan pemilu dalam penanganan pelanggaran dan sengketa proses pemilu serentak 2019 di sumatera barat electoral justice system in handling. Jurnal Konstitusi..

Irawan, M. A., Maulidin, A. S., Yusuf, R., & Jayadi, A. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK PEMILIHAN KEPALA LINGKUNGAN GETAP BARAT KELURAHAN CAKRANEGARA SELATAN BARU KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA (ABDIMANDALIKA) e-ISSN 2722-824X, 2(1 Juni), 110-119..

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan.

Peraturan Walikota Mataram Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Mekanisme Dan Tata Cara Pembentukan Lingkungan Dan Rukun Tetangga

Media Massa/Website

I Nyoman Swandiasa mengatakan Puluhan lingkungan di Kota Mataram sukses menggelar pemilihan langsung kepala lingkungan. Radar Lombok, 14 November 2016. https://radarlombok.co.id/puluhan-lingkungan-sukses-gelar-pilkaling.html tanggal 14 November 2016: http://data.mataramkota.go.id/dataset/jumlah-kelurahan-lingkungan-dan-jumlah-rt-di-kota-mataram-2020/resource/f6eba59f-2d12-45f6#{view-graph:{graphOptions:{hooks:{processOffset:{},bindEvents:{}}}},graphOptions:{hooks:{processOffset:{},bindEvents:{}}}}

Sanusi, Warga Karang Anyar Tolak Kepala Lingkungan, Minta Pemilihan Langsung, Lombokpost, 19 september 2021. https://lombokpost.jawapos.com/metropolis/19/09/2021/warga-karang-anyar-tolak-kepala-lingkungan-minta-pemilihan-langsung/ .

Wawancara

Mahsan, Panitia Pemilihan Kepala Lingkungan di Lingkungan Tohpati, Kelurahan Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, tanggal 25 Januari 2022.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.