Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Aplikasi SDGs Desa di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat

Main Article Content

Lalu Guna Nugraha
Erlies Septiana Nurbani
Diva Pitaloka

Abstract

Tujuan Penulisan adalah memberikan pemahaman kepada pemerintah desa terhadap pentingnya menjaga keberagaman dan nilai-nilai Pancasila di masyarakat Desa Lembar Selatan dan memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara menjaga dan menerapkan serta menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan konsultasi hukum secara langsung dengan masyarakat. Dari kegiatan ini dapat dijelaskan bahwa meski Desa Lembar Selatan menjadi salah satu desa terbaik di Indonesia, akan tetapi di dalam program pengembangan desa yang berkelanjutan harus tetap melihat dan menerapkan nilai-nilai Pancasila agar identitas nasional tetap terjaga dari berbagai tantangan dan pengaruh budaya luar yang akan mengikis nilai-nilai Pancasila yang telah hidup di masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal ini masyarakat Desa Lembar Selatan.

Article Details

How to Cite
Nugraha, L. G. ., Nurbani, E. S., & Pitaloka , D. . (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Aplikasi SDGs Desa di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Kompilasi Hukum, 8(2). https://doi.org/10.29303/jkh.v8i2.152
Section
Penelitian dan Pengabdian

References

Bernard Arief Sidharta, Refleksi tentang Struktur Ilmu Hukum: Sebuah Penelitian tentang Fundasi Kefilsafatan dan Sifat Keilmuan Ilmu Hukum sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Hukum Nasional Indonesia, Bandung: Mandar Maju, Cetakan Ketiga, 2009.

Chairiyah, Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter, Trihayu:Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1, 1 September 2014.

Darji Darmodiharjo dan Shidarta, Pokok-pokok Filsafat Hukum: Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,Cetakan Ketujuh, 2008.

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., dan Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.

Geertz, Kebudayaan dan Agama, Kanisius Press, Yogyakarta, 1992.

Haba, John. “Revitalisasi Kearifan Lokal: Studi Resolusi Konflik di Kalimantan Barat, Maluku, dan Poso”, dalam Irwan Abdullah dkk. (ed.), Agama dan kearifan Lokal Dalam Tantangan Global, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Nurgiansah, T. H., Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada, 2020.

Sianturi, Yohana R. U, Dinie Anggraeni Dewi, Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari dan Sebagai Pendidikan Karakter, Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 5 No. 1 Juni 2021, 222-231

Sularso, Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar, Jurnal Pendidikan sekolah dasar. Vol 2 No 1, Desember 2016.

Suyatno. 2010. “Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa“. Jakarta: Makalah Saresehan Nasional.

Sri Edi Swasono. Kedaulatan Kebangsaaan Kerakyatan Mengisi Kemerdekaan ,Yogyakarta: UST Press , 2014

Wahyu. 2011. “Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa”, dalam Budimansyah, D dan Komalasari, K (ed). Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Yudi Latif, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.