Penyuluhan Hukum Tentang Keterbukaan Informasi Publik di Karang Taruna Indonesia Kembang Komak Desa Kawo

Authors

  • AD Basniwati Universitas Mataram
  • M. Saleh Universitas Mataram
  • Abdul Khair Universitas Mataram
  • Kafrawi Kafrawi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jkh.v7i1.97

Keywords:

transparansi informasi publik, karang taruna indonesia

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang Penyuluhan Hukum Tentang Keterbukaan informasi Publik Di Karang Taruna Indonesia (KTI) Kembang Karnak Desa Kawo. Penyuluhan hukum ini menggunakan pendekatan sosiologis, yaitu dengan tatap muka secara langsung dengan peserta penyuluhan. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan di Desa Kawa. Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh Seluruh Karang Taruna Kepala Desa beserta jajaran, tokoh agama, tokoh masyarakat. Penekanan ini dilakukan karna pentingnya pemahaman tentang keterbukaan informasi publik agar masyarakat pada umumnya serta pemuda bias berpastisipasi secara aktif terhadap materi penyuluhan tersebut.

References

Abdilah, Masykuri, 1999, Demokrasi di Persimpangan Makna Respons lnte/ektual Muslim Indonesia 1966-1993, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kaharudin, 2013, Perluasan Kompetensi Absolut Peradilan Tata Usaha Negara,Yogyakarta, cv. Arti Bumi Intaran.

Mahfud, Mohammad M.D., 2000, Demokrasi don Konstitusi di Indonesia: Studi tentang lnteraksi Politik don Kehidupan Ketatanegaraan, Jakarta: Rineka Cipta.

Noer Kristiyanto, (2016), Urgensi Keterbukaan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Jurnal Penelitian Hukum DE JURE, ISSN 1410-5632 Vol. 16 No. 2.

Riyanto, Astim 2006, Negara Kesatuan,Konsep, Asas dan Aktualisasinya, Bandung: Yapemdo. Ridwan HR, 2010, Hukum Administrasi Negara, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tjandra, Riawan, 2008, Hukum Administrasi Negara, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-30