Analisis Yuridis Kewenangan Kementerian Agama Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Dan Menengah Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Tinjauan Teori Kepastian Hukum

Main Article Content

Balqis Sabilla
Linda Rahma Wati
Sonia Ivana Barus

Abstract

Penelitian ini menganalisis kewenangan Kementerian Agama dalam penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 dengan bingkai teori kepastian hukum. Latar belakangnya adalah kebutuhan mengatasi dualisme pengaturan antara satuan pendidikan yang dibina Kemenag dan kementerian teknis lain, meski berada dalam satu sistem nasional dan wajib memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Penelitian menggunakan metode yuridis normatif dengan statute approach dan conceptual approach, serta analisis preskriptif-analitis. Hasil menunjukkan bahwa UU 20/2003 memberikan kepastian hukum formal (pengakuan jenis keagamaan dan kesetaraan bentuk MI/MTs/MA/MAK), namun kepastian material menuntut demarkasi kewenangan yang lebih terang pada regulasi turunan agar tidak terjadi tumpang tindih standar, akreditasi, kurikulum, kualifikasi pendidik, dan data. Disarankan penerbitan regulasi pelaksana bersama yang memetakan domain kekhasan vs domain SNP, harmonisasi data pendidikan, SOP mobilitas dan rekognisi hasil belajar lintas satuan setara, serta penguatan mekanisme koordinasi dan akuntabilitas agar penyelenggaraan oleh Kemenag berjalan pasti, terukur, dan setara dalam satu sistem pendidikan nasional.

Article Details

How to Cite
Sabilla, B., Wati, L. R. ., & Barus, S. I. . (2025). Analisis Yuridis Kewenangan Kementerian Agama Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Dan Menengah Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Tinjauan Teori Kepastian Hukum. Jurnal Kompilasi Hukum, 10(2), 325–337. https://doi.org/10.29303/jkh.v10i2.268
Section
Articles

References

Aisyah, D. Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan pada SMA NU Kaplongan Indramayu. Tanzhimuna 3(1), 2023.

Almubaroq, H. Z. Reformasi Pendidikan di Perguruan Tinggi Menyongsong Indonesia Emas 2045. 2023.

Amarullah, R. Q., et al. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam melalui Penerapan Kebijakan 8 Standar Nasional Pendidikan di Madrasah. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 20(2), 2023.

Arif, S., & Hidayati, D. (2024). Analisis kebijakan pendidikan dalam perspektif madrasah. Syntax Idea, 6(3), 1138‑1148. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i3.3057

Aristiyanto, R. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia. Jurnal Impian FKIP Unmul 4(2), 2023.

Astawa, I. G. P. Sengketa Kewenangan Lembaga Negara di Mahkamah Konstitusi. Bandung: PT Refika Aditama, 2021.

Astomo, P. Politik Hukum Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional yang Responsif di Era Globalisasi. Masalah-Masalah Hukum 50(2), 2021.

Astuti, B., dan M. R. Daud. Kepastian Hukum dalam Perspektif Teori Gustav Radbruch. Al-Qisth Law Review 6(2), 2023.

Daulay, H. P. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2014.

Gunarso, G. Hak Asasi Pendidikan dalam Peraturan Perundang-undangan. Jakarta: Indocamp, 2021.

Hidarya, I., N. Sudarna, L. Febriliana, dan Suhendri. Transformasi Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Dikotomi Kebijakan Pendidikan. Sharia: Jurnal Kajian Islam 1(1), 2024.

Isretno, E. Hukum Administrasi Negara: Pengantar Kajian tentang Kewenangan & Kebijakan Pemerintah. Yogyakarta: Cintya Press, 2020.

Jauhari, R., M. Walid, dan A. Aziz. Transformasi Kebijakan Kurikulum di Madrasah: Komparasi Kritis antara KMA Nomor 347 Tahun 2022 dan KMA Nomor 450 Tahun 2024. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 8(7), 2025.

Khoiriyah, S., A. Amiruddin, M. Salik, dan A. Zaini. Menuju Kebijakan Pendidikan Satu Atap: Kritik atas Dualisme dan Dikotomi Pendidikan di Indonesia. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 13(1), 2023.

Lotulung, C. V., J. Simarmata, S. Labuem, E. Mulyati, D. Yudhistira, G. Al Haddar, N. H. Rusli, dan Hasan. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2024.

Lukman, A., M. Salsabila, I. Fajrin, dan R. Hidayat. Problematika Lembaga Pendidikan Madrasah di Tengah Pesatnya Perkembangan Lembaga Pendidikan Umum. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara 1(4), 2024.

Machali, I., dan A. Hidayat. The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Mukhlasin, A. Dualisme Penyelenggaraan Pendidikan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 2021. 62‑72.

Nasution, S. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, n.d.

Niswah, C., C. Pratama, I. N. Rifany, dan A. K. Rigi. Perkembangan Lembaga Pendidikan Madrasah di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sejarah Pendidikan. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 5(2), 2025.

Nugroho, R. S., G. Maulani, dan M. Alwi. Kebijakan Pendidikan. Bandung: Sada Kurnia Pustaka, 2024.

Papilaya, J. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: CV Azka Pustaka, 2022.

Samekto, F. X. A. Memahami Ajaran Hukum Gustav Radbruch. 2025.

Sunggono, B. Hukum dan Kebijakan Publik. Jakarta: Sinar Grafika, 1994.

Syukri, M. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya, 2020.

Untoro, U. Y., et al. Pengantar Ilmu Hukum. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2023.

Zakaria, M. Dualisme Pendidikan—Kegelisahan Akademik Profesi (Kajian Sistem dan Kebijakan Pendidikan di Indonesia). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 20(2), 2022.